About

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Penentuan Harga,Permintaan dan Penawaran (Resume 1)

Permintaan
         Adalah suatu kegiatan yang menunjukan keinginan untuk membeli sejumlah barang tertentu sesuai dengan tingkat harga di waktu tertentu.Hukum permintaan berbunyi "Semakin turun tingkat harga,maka semakin banyak jumlah barang yang diminta,dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang diminta".

Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan:

  1. Harga barang itu sendiri
    Hal ini sangat berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta.jika harga naik maka jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat,sedangkan jika harga turun maka jumlah permintan barang menurun.
  2. Harga barang subtitusi (pengganti)
    Apabila harga barang subtitusi lebih murah,maka orang akan beralih pada barang subtitusi tersebut.Akan tetapi jika harga barang subtitusi lebih mahal maka orang akan tetap menggunakan barang semula.
  3. Harga barang komplementer (pelengkap)
    Misalnya Sepeda Motor,barang pelengkapnya adalah bensin.Apabila harga bensin naik maka kecenderungan orang membeli sepeda motor akan turun (tapi gak tau deeh..kalo orang indo??"hehe)
  4. Pendapatan
    Besar kecilnya pendapatan seseorang berbeda,maka jika pendapatan seseorang tinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi.begitu juga sebaliknya,jika pendapatan rendah maka permintaan akan barang dan jasa juga rendah.
  5. Selera konsumen
    Jika selera konsumen terhadap suatu barang meningkat maka permintaan akan barang tersebut juga ikut meningkat.begitu juga sebaliknya..
  6. Jumlah penduduk
    Pertambahan penduduk yang semakin banyak di suatu wilayah,maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin meningkat.
dll

Penawaran
         Adalah jumlah barang atau jasa yang akan di jual pada suatu saat dengan harga tertentu dengan anggapan faktor yang lain-lain tetap.Atau penawaran adalah sejumlah barang yang di tawarkan untuk di jual pada berbagai tingkat harga dalam suatu pasar pada waktu tertentu.Hukum penawaran berbunyi: "Semakin tinggi harga,semakin banyak jumlah barang yang bersedia di tawarkan.sebaliknya,semakin rendah tingkat harga,maka semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan".

Faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran
  1. Harga barang itu sendiri
    Apabila harga barang yang di tawarkan mengalami kenaikan,mak jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat.sebaliknya,jika harga barang yang di tawarkan mengalami penurunan maka jumlah barang yang di tawarkan penjual akan turun.
  2. Harga barang pengganti
    Apabila harga barang pengganti meningkat maka si penjual akan meningkatkan jumlah barang yang di tawarkan.penjual berharap konsumen akan beralih ke barang lain yang di tawarkan.
    contoh: harga beras tinggi,maka si penjual menawarkan alternatif lain yaitu,sagu,singkong dll
  3. Biaya produksi
    Berkaitan dengan biaya  yag digunakan dalam proses produksi,seperti biaya untuk membeli bahan baku,biaya untuk gaji pegawai,biaya untuk bahan penolong dll.Apabila biaya-biaya produksi meningkat,maka harga barang-barang yang di produksi juga meningkat.
  4. Kemajuan teknologi
    Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang di tawarkan.Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa.selain itu dengan menggunakan mesin-mesin yang lebih modern akan menurunkan biya produksi dan memudahkan produsen untuk menjual barang dalam jumlah yang banyak.
  5. Pajak
    Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga.jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang,sehingga penawaran juga akan berkurang.
dll

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar