Struktur pasar
ialah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan
harga di dalam pasar ( Bain, 1952 ). Unsur-unsur struktur pasar meliputi:
konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, Hambatan masuk, dan
integrasi vertikal serta diversifikasi. Dalam teori ekonomi mikro struktur
pasar dibagi dalam 4 macam bentuk ,yaitu :
1. Persaingan
sempurna,
adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli
dan penjual yang sangat banyak. Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan penjual) sangat kecil dibandingkan output
industri total sehingga mereka tidak bisa mempengaruhi harga produk tersebut.
Perusahaan-perusahaan tidak mampu untuk melakukan diffrensiasi produk atau
produk homogen. Para pembeli dan penjual secara individual hanya bertindak
sebagai penerima harga ( Price taker ). Informasi tentang harga dan kualitas
produk itu sempurna dan setiap perusahaan bisa dengan mudah mendapatkannya.
Pada pasar ini tidak adanya hambatan untuk masuk atau keluar. Dalam jangka panjang
tidak ada perusahaan atau industri yang menerima laba di atas normal.
2. Pasar
Monopoli
adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal.
Produk yang dihasilkan oleh perusahaan monopolis tidak ada barang
substitusinya. Adanya ketidaksempurnaan atau tingginya hambatan di dalam
memperoleh informasi tentang produk seperti harga dan kualitas. Perusahaan
monopolis bebas untuk menentukan jumpah output dan harga produk kapan saja.
Perusahaan monopolis bisa mendapatkan keuntungan di atas keuntungan normal
dalam jangka panjang.
3. Persaingan
monopolistik,
adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang
membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen
mampu membuat perbedaan-perbedaaan pada produknya ( differensiasi produk
) dibandingkan produsen lain. Kemampuan untuk mendapatkan
informasi mengenai produk tidak sulit. Perusahaan-perusahaan dalam pasar
monopolistik ini mudah untuk masuk dan keluar dari industri. Pada pasar ini
juga, perusahaan-perusahaan hanya mampu menerima profit normal dalam
jangka panjang.
4. Oligopoli, adalah struktur
pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua
output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi.
Adanya ketidaksempurnaan dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai
produk, Adanya kemampuan pengendalian harga tetapi sedikit. Sebagian produk
didiferensiasikan tetapi sedikit sehingga adanya sedikit perbedaan produk
antara produsen
0 komentar:
Posting Komentar